Kamis, 23 Mei 2013

Tanda Jejak



Tanda jejak dalam kepramukaan acap kali dipergunakan ketika menjelajah dengan jenis yang bermacama-macam, ada dari goresan di atas tanah, menggunakan ranting, rumput, bebatuan, hingga cat. Nah, tapi untuk yang terakhir tadi, yaitu cat, tolong jangan digunakan sebab akan merusak citra indah dari lingkungan jelajah itu sendiri. Tanda jejak sebenarnya bisa bermacam-macam modelnya, namun sebagian telah di bakukan seperti yang ditemukan dalam buku pramuka pada umumnya.
Untuk pintar menjadi penemu jejak, maka jejak utama yang harusnya kita kenali adalah jejak kaki atau roda, dimana hal ini biasanya membekas di atas tanah yang dilewati orang lebih awal.

Tapi bagaimana jika jalan atau medan yang dilewati berupa padang rumput, sungai atau jalan aspal ? Untuk medan rumput mungkin kita masih bisa mengenali dari rebahan-rebahan rumput, namun jika air atau jalan aspal maka kita bisa menggunakan insting kita, kemana air atau jalan ini menuju. Walau kadang hasilnya kurang akurat, tapi tetap memberi peluang terbaik bagi pramuka yang melakukan aktifitas penyusur jejak.

Mengenali tanda tanda jejak akan sangat bermanfaat bagi pramuka ketika melakukan aktifitas di hutan. Jika tersesat, kita bisa memahami tanda-tanda yang ada di sekitar. Misalnya ranting di tanah yang telah patah atau jejak kaki menunjukkan bahwa jalan tersebut telah dilewati manusia.

Tanda jejak  yang umumnya sering digunakan dalam kegiatan kepramukaan adalah sebagai berikut :

1.  Tanda jejak diatas tanah.



2.  Tanda - tanda dengan rumput

3.  Tanda - tanda dengan batu
4.  Tanda - tanda dengan ranting
5.  Tanda - tanda tempat/medan


           
Belajar mengenali tanda jejak sangat berguna bagi pramuka. Berlatih mengenali tanda jejak secara bebas, sangat menyenangkan tentunya dari pada hanya menyusuri jejak yang telah dibuat sesuai aturan baku.
Nur Wahidatul X1

Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright GAMARAKA Media - Hak Cipta Undang-Undang.
GAMARAKA
Pusat Informasi Tentang GAMARAKA
SMA Negeri 1 Pekalongan
Jalan RA Kartini 39 Pekalongan